Pada dasarnya berbisnis bukan hanya untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Dalam bisnis juga memerlukan seni, cara cerdas dan sentuhan insting agar bisnis yang dijalankan dapat memiliki umur yang lebih lama dan bertahan dari berbagai tantangan kompetitor maupun perkembangan zaman yang mana persaingan juga semakin sengit dan termasuk didalamnya adalah bisnis online. Salah satu seni yang harus kita kuasai dalam menjalankan bisnis adalah seni mengenali pelanggan mana yang potensial bagi bisnis yang Anda jalani. Pelanggan bisnis atau pelanggan potensial biasanya datang dari berbagai latar belakang budaya, kebiasaan dan tingkat ekonomi yang berbeda-beda. Agar kita dapat mengenali pelanggan mana yang lebih potensial bagi bisnis yang Anda jalani, alangkah baiknya bila kita menyimak tips-tips berikut ini:
1. Perhatikan bahasa yang digunakan oleh calon pelangganHal ini mungkin menjadi hal yang susah-susa h gampang untuk dilakukan. Kemajuan komunikasi yang canggih juga membuat calon pelanggan lebih leluasa untuk menggunakan telepon, aplikasi chatting atau SMS untuk menghubungi Anda. Yang harus menjadi perhatian kita adalah bagaimana gaya bahasa pelanggan potensial tersebut. Kita bisa membedakan mana yang sungguh-sungguh ingin membeli dan mana yang hanya bertanya untuk membandingkan harga di toko Anda dengan toko lain. Hal tersebut akan semakin kita ketahui setelah banyak menerima pertanyaan dari konsumen.
2. Jadilah pendengar yang baikTak jarang juga kita menemukan calon pelanggan yang senang mengobrol dan banyak bercerita tentang kekecewaannya saat membeli di toko lain. Ini sebenarnya adalah kesempatan bagi Anda untuk mengambil hati calon pelanggan. Jadilah pendengar yang baik sambil sesekali menanggapi obrolan tersebut. Jelaskan pula bahwa bisnis Anda akan memberikan jaminan dan menjaga kepercayaan para pelanggan. Dengan demikian, calon pelanggan tersebut akan merasa dihargai dan akhirnya berminat membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Nah dari sini memberi sapaan kepada pelanggan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Seperti menyapa dan menawarkan bantuan terlebih dahulu melalui chatting.
Contohnya saja, melalui aplikasi chatting yang ada di website toko online, Anda bisa menyapa pelanggan potensial Anda terlebih dahulu. Perhatian kecil akan membuat mereka merasa sangat penting untuk bisnis online Anda. Dari situ sebuah sapaan akan membuat Anda nyaman mengobrol ke pembicaraan selanjutnya. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel ini.
3. Catatlah saran dan kritik yang diberikanSaran dan kritik hendaknya tak membuat Anda naik pitam dalam menjalankan bisnis. Kita harus berterima kasih karena saran dan kritik yang diterima dapat kita manfaatkan untuk membangun bisnis menjadi lebih baik lagi. Bersabarlah dalam menghadapi setiap tipe pelanggan, karena ada pelanggan yang aktif, ada pelanggan yang sabar, ada pelanggan yang bawel, dan berbagai jenis pelanggan lainnya. Jadikan saran dan kritik mereka sebagai sebuah catatan penting bagi perbaikan bisnis anda.
4. Manfaatkan media sosialJadilah pebisnis modern yang memanfaatkan social media sebagai media pemasaran dan media komunikasi dengan calon pelanggan. Karena saat ini tak sedikit pelanggan yang memilih komunikasi chat via social media. Amati dengan cermat jenis media sosial apa saja yang sangat potensial untuk dijadikan media pemasaran. Mengenal karakter pengguna media sosial dapat membuat kita lebih cakap dalam menjalankan strategi pemasaran.
Bagaimana dengan Anda? Sudah tahukah Anda pelanggan potensial untuk bisnis online yang sedang Anda jalani?
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Mengenali Pelanggan yang Potensial di Bisnis Online Anda"
Posting Komentar